Kasi Tahu

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh (Tidak Cukup Ruang Penyimpanan)


Ditahun 2017 ini penyimpanan internal minimal bisa dibilang harus 32gb keatas agar tidak cepat kehabisan penyimpanan untuk menyimpan data ataupun aplikasi. Hal ini dikarenakan semakin hari aplikasi akan semakin rakus memakan penyimapan internal smartphone kita. Bagaimana jika penyimpanan internal kita dibawah 32gb ? Tentu masalah yang sering dihadapi adalah penyimpanan habis dan tidak bisa instal aplikasi baru lagi, lalu bagaimana cara mengatasinya ?
Nah disini maesatekno akan bagi bagi tips mengatasi penyimpanan internal yang penuh

Hapus cache aplikasi
Pernah merasa memory internal kita berkurang setiap hari padahal tidak instal aplikasi baru ?
Nah ini karena cache aplikasi yang menumpuk. Cara menghapus cache aplikasi adalah dengan masuk ke pengaturan, lalu aplikasi dan pilih aplikasi yang akan di hapus cache nya
Atau bisa dengan instal aplikasi cache cleaner dari playstore.
Contoh Cache Aplikasi
Cache Aplikasi

Hapus aplikasi yang jarang digunakan
Dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan akan sangat berpengaruh dengan penyimpanan internal smartphone kita, salah satu contohnya adalah browser di smartphone, usahakan instal aplikasi browser seperlunya atau gunakan browser bawaan. Banyak dari kita yang instal banyak aplikasi browser seperti uc browser, uc mini, chrome, mozila , opera mini. Nah usahakan pilih satu browser terbaik saja menurut kalian.
Contoh Aplikasi yang Jarang Digunakan
Contoh Aplikasi Jarang Digunakan

Jika masih belum cukup, maka masih ada cara lain untuk meringankan memory internal smartphone.

Uninstal update aplikasi bawaan
Pernah liat kumpulan aplikasi bawaan di folder smartphone kalian ?
Nah kebanyakan aplikasi ini jarang digunakan maka bisa di uninstal update untuk mengembalikan ke versi awal aplikasi( versi awal aplikasi bawaan kurang lebih 8-10 mb saja sedangkan versi terbaru bisa sampai 40-50 mb, bahkan ada yang ratusan mb)
Beberapa aplikasi bawaan yang bisa di uninstal update adalah google play musik, hangout, google play movie & tv, google drive, google photos, galaxy apps, galaxy entertainer
Namun ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak boleh di uninstal update antara lain google play store, google play service dan google play games
Contoh Aplikasi Bawaan
Contoh Aplikasi Bawaan

Ganti aplikasi pemakan banyak penyimpanan dengan aplikasi alternatif
Pernah lihat aplikasi facebook memakan memory internal sampai 500mb ?
Nah daripada menghabiskan memory internal kita maka bisa diganti dengan facebook lite yang hanya perlu memory internal 8mb saja, sangat jauh bedanya bukan ?
          Contoh aplikasi pemakan banyak penyimpanan
              Contoh aplikasi pemakan banyak penyimpanan
Contoh Aplikasi Alternatif
Contoh Aplikasi Alternatif

Hapus folder .thumbnails
Apa itu thumbnail ? secara singkat thumbnail adalah preview dari gambar gambar yang pernah dibuka di smartphbone. Semakin lama folder thumbnail akan semakin besar dikarenkansemakin lama akan ada gambar gambar baru pada smartphone kalian yang akan di buka. Lalu apakh aman menghapus folder thumbnail ? Sangat aman, karena thumbnails hanya menyimpan gambar gambar kecil dalam bentuk preview dan tidak berpengaruh pada gambar asli jika dihapus. Cara menghapus folder thumbnails bisa dilakukan di File Manager-DCIM didalam folder DCIM ini akan terdapat folder thumbnails, silakan dihapus untuk menambah penyimpanan internal smartphone. Jika tidak terdapat folder .thumbnails silakan klik tampilkan file tersembunyi maka folder .thumnails akan muncul.

Folder Thumbnails
Folder Thumbnails

Nah itulah beberapa tips untuk mengatasi penyimpanan internal yang penuh. Semoga artikel ini bemanfaat.

0 Komentar Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Penuh (Tidak Cukup Ruang Penyimpanan)

Post a Comment

Back To Top